Personel Dispsiad mengikuti Webinar Kanker prostat

Sangkuriang-Bandung. Personel Dispsiad mengikuti Webinar Kanker prostat di Gedung Upala Pratama Madispsiad. Kamis (23/2/2023).

Webinar yang bertemakan Deteksi Dini Kanker Prostat dan Tataklasana di seleggarakan oleh RSPAD GATOT SOEBROTO dalam rangka ulang tahun RSPAD dibuka oleh Kapoksahli Mayjen TNI dr. Nyoto Widyo A, Sp.PD-KHOM,.FINASIM,.MH di Jakarta.

Kegiatan webinar yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap Kanker Prostat, dampak jika menderita kanker prostat dan tatalaksanaannya.

Dalam amanat Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letnan Jenderal TNI
dr. A. Budi Sulistya, Sp.THT-KL(K)., M.A.R.S. yang dibacakan Kapoksahli disampaikan bahwa pasien yang terkana kanker prostat tidak hanya dirasakan oleh pasien tersebut tetapi juga berdampak pada keluarga.

Penatalaksanaannya pada kanker prostat tergantung kepada stadium dan kondisi pasien secara umum. Beberapa cara mengobati pada kanker prostat yaitu dengan cara pembedahan, radioterapi dan kemoterapi. Pengobatan yang berlangsung lama dan dapat memicu serangkaian negatif pada pasien tersebut. Manisfestasi gangguan yang timbul dapat bermacam - macam seperti cemas, takut, depresi dan adanya perubahan prilaku.

Dengan memberi pengobatan yang optimal, nutrisi yang seimbang serta support mental diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien yang akan bertambah terhadap peningkatan usia harapan hidup ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Distribusi A dan B Dispsiad, personel Militer dan PNS Dispsiad

“UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA”
(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)